Senin, 11 Januari 2010

Makna Sakdermo

Semenjak saya mengkaji Alqur'an dan Alhadist di LDII, biasanya sesi terakhir disisi dengan acara nasehat, tidak sedikit penasehat yang menggunakan frase/kata "Sakdermo" dalam nasehatnya. Contohnya seperti ini : "Kita sebagai orang iman, yang sudah mendapatkan hidayah bisa menetapi Qur'an dan Hadist, supaya bisa sakdermo melaksanakan perintah dan menjauhi segala larangannya, agar kita bisa masuk ke dalam surga dan terhindar dari siksa api neraka". Contoh lagi "Para sedulur jamaah, urip iku mung sakdermo,.....Dan masih banyak lagi frase/kata sakdermo yang dirangkaikan dalam suatu kalimat oleh para penasehat. Sebenarnya, saya pribadi juga sering bertanya-tanya apa sebenarnya arti atau makna dari kata sakdermo. Rasa penasaran inilah yang membuat saya bertanya kepada teman-teman lewat milisjokam dengan alamat "Milis Jokam" . Dan saya mendapatkan jawaban yang menurut saya sangat memuaskan, jawaban tersebut dikirim oleh "Sulaiman Kristiawan" . Jawaban untuk makna sakdermo, seperti tertulis di bawah ini, silahkan klik baca selanjutnya yang tertera di bawah ini.


MAKNA SAKDERMO

Saya bukan orang jawa dan tidak mengerti bahasa jawa. Tapi saya mencoba mengartikan kata “ sakdermo”
Dalam bahasa jawa partikel “ sak” itu artinya intensitas yang paling pol/kuat. Contoh:
Sak’mampunya ( semampunya-sekuat tenaga)
Sak’bisanya ( sebisanya- setelah mengeluarkan seluruh kemampuan)
Kata ‘dermo’ saya kira dipengaruhi dari bahasa sangsekerta kuna yaitu Dharma ( bakti, dedikasi)

Maka sa’dermo adalah kepatuhan kita pada peraturan Allah dan Rasulullah yang dilkukan dengan ikhlas, mencari pahala, mencari surga dan mencari keridhoan Allah dilakukan semampu dan sekuat yang kita bisa lakukan.

Ini sesuai dengan Hadits Rasulullah
حدثنا يحيى بن أيوب وقتيبة وابن حجر واللفظ لابن أيوب قالوا حدثنا إسماعيل وهو بن جعفر أخبرني عبد الله بن دينار أنه سمع عبد الله بن عمر يقول كنا نبايع رسول الله صلى الله عليه وسلم على السمع والطاعة يقول لنا فيما استطعت
Dari Abdullah bin Umar, kami pernah berjanji pada Rasulullah untuk ‘mendengar’ dan ‘patuh/ toat’
Rasulullah bersabda: فيما استطعت ( semampu kalian )-sak’dermo
( Hr Muslim kitabu imaroh no bab 34)

Oke deh, mari kita sami’na, waatho’na dan mastaho’na ( kami dengar, kami taat, sepol kemampuan kami/sakdermo kami) terhadap peraturan Allah dan Rasul.
wallhu alam

*segala diluar kemampuan kita, maka Allah maha Pengampun, maha Pengasih dan maha Pemurah dan maha Penyayang

Silahkan kepada pembaca blog ini yang ingin memberi tambahan mengenai makna sakdermo, seperti yang dilakukan oleh saudara kita yang mengartikan sakdermo seperti tersebut di bawah ini.

Menurut pengertian saya Sakdermo ialah menerima dan mengerjakan dengan tulus dan iklhas,
contonya : warga LDII supaya melaksanakan Ijtihat para Ulama dengan dikerjakan dengan karna Allah sak pol kemampuan masing2, nah kalo kita bisa menerima dan mengerjakannya itulah yang dinamakan sakdermo....

InsyaAllah kurang lebih seperti itu, bila ada saudara2 yang mau menambah atau meralat silakan, kita sama2 belajar. AJKK




print this page Print this page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar