Minggu, 07 Februari 2010

Blog dan Pahalanya

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Salah satu fungsi Blog adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, berbagi cerita dengan orang lain di seluruh penjuru dunia, bisa juga sebagai tempat atau sarana untuk mencari uang, dan masih banyak fungsi lainnya.

Disamping beberapa fungsi yg telah disebutkan diatas, ternyata blog juga dilihat dari sisi agama juga bisa mendatangkan pahala, khususnya blog yang berisikan tulisan-tulisan yang baik dan tulisan tersebut bisa diamalkan oleh pembacanya. Terkadang pengalaman pribadi yg ditulis oleh para blogger bisa memberikan inspirasi yang baik bagi para pembaca. Seseorang yang tadinya punya tabiaat yg jelek tetapi karena rajin membaca artikel di blog dia menjadi tersentuh dan lambat laun perilakunya menjadi baik.
Tidak ada salahnya kita berinvestasi untuk kehidupan kita nanti dengan cara menulis dan berbagi pengalaman di blog. Jutaan manusia bahkan milyaran manusia di seluruh penjuru dunia yang ingin hidupnya tenang, biasanya pelarian mereka adalah ke minum-minuman keras,narkoba,perjudian, kemaksiatan dll tetapi ternyata banyak dari mereka yang mencari guru spiritual (pemuka agama), mencari sumber-sumber bacaan yang baik, ada yang pergi ke toko buku, ke taman bacaan, dan banyak juga yang pergi ke warnet. Mereka yang pergi ke warnet atau ke hotspot ingin mencari informasi yang mereka butuhkan. Ketika informasi yang mereka butuhkan sesuai dengan keinginan dia maka bagaikan sihir tulisan/artikel tersebut bisa membiusnya dan bisa berdampak pada perilaku si pembaca. Orang yg tadinya punya tabiat buruk bisa seketika itu berubah menjadi baik, orang yg tadinya tidak mau beribadah spontan mereka rajin ibadah, dan masih banyak lagi contoh-contoh yg tidak bisa saya sampaikan berkaitan dengan dampak baik dari membaca blog/artikel di internet.
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain. Ilmu yang kita bagikan/pengalaman yang kita bagikan tidak akan sia-sia, akan ditulis pahala oleh Allah SWT. Dan selama orang yang mengerjakan kebaikan karena tergerak lantaran blog kita/artikel kita maka kita akan mendapatkan aliran pahala. Sungguh sebuah manfaat yang luar biasa dari sebuah blog yang baik.
Kalau isi blog kita baik dan banyak manfaatnya untuk orang lain ternyata juga bisa mendatangkan uang, ya uang tersebuat jangan di tolak, sebagian dari rizki yang kita dapatkan sebaiknya disumbangkan untuk para dhuafa, pembangunan tempat-tempat ibadah. Jangan sampai rizki yang Allah berikan kepada kita kita nikmati sendiri, karena sesungguhnya rizki yang kita terima disitu ada hak untuk orang lain.
Demikian semoga tulisan yang jelek ini ada manfaatnya untuk kita semua. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan dan komentarnya. Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.




print this page Print this page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar